Perkokoh Persatuan Membangun Negeri
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 54 kali

Salatiga (10/11) Kasrem 073/Mkt Kolonel Inf Agustinus Sinaga memimpin jalannya upacara memperingati Hari Pahlawan tahun 2017 bertempat di lapangan upacara Makorem 073/Mkt.

Amanat menteri sosial yang dibacakan Komandan Korem 073/Makutarama  menyampaikan tema hari pahlawan tahun ini adalah “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.  Tema ini mengandung pesan kepada kita semua apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia Internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Republik Indonesia yang berdiri atas berkat rakhmat Allah Yang Maha Kuasa ini dapat kita terus nikmati kemerdekaannya karena para pahlawan pendahulu kita mengajarkan kepada kita keteladanan akan rela berkorban. Bung Karno mengingatkan berkali-kali dalam berbagai pidatonya, bahwa kehidupan bernegara Republik Indonesia ini hanya bisa terwujud dan menjadi lebih baik dan maju kalau kita semua mau berkorban, mau memberi dan mau mengabdikan hidup untuk merawatnya.

setiap warga bangsa menyadari bahwa kita semua mewarisi sebuah konsepsi, sebuah etos, sebuah niat dan tindak perilaku kepahlawanan yang tinggi dan luar biasa. Inilah saat kita menuntaskan perjuangan membangun bangsa dengan sikap mental yang positif dan konstuktif yaitu membangun sebuah bangsa yang merdeka, maju, bersatu, berdaulat dan terbuka. Hanya dengan revolusi mental yang positif, optimis dan sadar riwayat kita sebagai bangsa yang merdeka. bersatu, berdaulat dan terbuka kita menyelami tantangan dan persoalan yang kita hadapi bersama dengan semangat persatuan didalam kesetaraan seluruh anak bangsa tanpa diskriminasi.

Oleh karena itulah persatuan Indonesia bukan hanya sebuah imperatif yang harus kita rawat sebagai suatu bangsa namun lebih dari itu Persatuan Indonesia adalah sebuah prasyarat bagi kita menjadi bagian dari kekuatan yang tengah tumbuh, the rising force bersama dengan bangsa-bangsa lain.

Hadir dalam kegiatan  upacara hari pahlawan para Dan/Kasatdisjanrem, Kasi/Pasi, pengurus LVRI Propinsi, Kabupaten dan Salatiga, Kaminvetcad Salatiga serta seluruh prajurit dan PNS Korem 073/Mkt  (Penrem 073/Mkt)

 







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :