Lebih Dekat Dengan Refugia, Tni Koramil 04/Dempet Tanam Bersama Masyarakat
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 225 kali

DEMAK - Sejumlah anggota Koramil 04/Dempet dan Posramil Kebonagung bersama Dinas Pertanian, Karang Taruna, Mahasiswa KKN STAIN serta Kelompok Tani Tirta Jaya 1 membantu petani menanam refugia di lahan pertanian padi di Desa Mijen Timur Kecamatan Kebonagung, Minggu (07/01).

 

Langkah ini dilakukan untuk menghindari serangan hama pada komoditas pertanian, itu juga dalam rangka menghadapi musim panen MT-1 yang rencananya akan di hadiri Kasad Jendral TNI Mulyono.

 

Sasaran kerja bakti kali ini adalah pembersihan kanan kiri jalan sawah sepanjang 1000 meter serta penanaman bunga refugia yang dikenal sebagai pembasmi hama. Menurut Budi Santoso petugas POPT jawa tengah penanaman bunga refugia merupakan tindakan preventif terhadap serangan hama di musim tanam padi saat ini.

 

Danramil 04/0716 Dempet, Kapten Inf. Bambang saat dikonfirmasi, membenarkan adanya kegiatan yang melibatkan anggotanya tersebut. Menurutnya, kegiatan ini memberi banyak manfaat. Selain untuk membantu petani mempersiapkan musim tanam, penanaman bunga refugia di kanan kiri jalan juga memberi estetika tersendiri sekaligus mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan.

 

Komandan Kodim 0716/Demak, Letkol Inf. Abi Kusnianto, memberi pernyataan serupa saat dikonfirmasi. Di mata Dandim Demak ini, kegiatan yang dilakukan anggotanya bersama masyarakat Desa Mijen merupakan upaya alami dalam pembasmian serangga. Dengan adanya bunga refugia, pemakaian insektisida atau obat kimia lainnya dapat dikurangi, dampaknya tentu akan menyehatkan hasil panen nanti.

 

Di sela sela kegiatan Kepala Desa Mijen bapak Sutrisno menegaskan bahwa penanaman bunga refugia merupakan langkah konservasi musuh alami secara tidak langsung agar seranga hama yang datang menyerang padi dapat teralihkan ke tanaman refogia tersebut.

 

Selain sebagai penangkal hama pada tanaman padi , refugia juga tanaman bunga  yang banyak warnanya yang dapat memperindah lingkungan serta mudah untuk di tanam dan cepat hidup. Penanaman bunga refugia ini mendapat reaksi yang baik dari para petani dan mereka mengikuti program tersebut dengan seanang hati. (Pendim 0716/Demak) (Penrem073/Makutarama)







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :