Latihan Posko Kodim Kendal Resmi Dibuka Danrem Salatiga
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 52 kali

Salatiga - Bertempat di Halaman Makodim 0715/Kendal  dilaksanakan upacara pembukaan Latihan Posko I Kodim 0715/Kendal tahun 2018 dalam rangka penanggulangan bencana alam oleh Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Inf Joni Pardede S.Sos. M.m, Pembukaan latihan itu dihadiri oleh unsur-usur Pemerintah daerah, Kasrem 073/Makutarama Letnan Kolonel Inf Hari Santoso, S.Sos beserta jajaran Perwira staf Korem 073/Makutarama, para Dandim Jajaran Rem 073/Makutarama dan juga dihadiri oleh  Polres Kendal, serta kesatuan-kesatuan dan instansi yang terkait. Pelaksanaan Latihan Posko I mulai tanggal 10 s.d 13 April di Makodim 0715/Kendal.

 

Menjadi profesionalisme saat ini bukan hanya tuntutan organisasi, tetapi sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap individu prajurit TNI AD yang harus bisa diwujudkan dalam pelaksanaan tugas masing-masing, karena tanggung jawab yang dihadapi kedepan akan semakin berat dan komplek. Hal itu dikatakan Danrem 073/Makutarama, mengawali sambutannya.

 

Tujuan dan sasaran latihan posko I yaitu kemampuan melaksanakan kegiatan prosedur hubungan komandan dan staf sesuai mekanisme yang berlaku, mampu melaksanakan komando pengendalian satuan operasi bantuan kepada pemerintah daerah, mampu melaksanakan koordinasi dengan aparat terkait sesuai mekanisme dan prosedur yang sudah disepakati serta mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat meskipun dalam situasi yang serba dilematis.          

 

Latihan gladi posko I disamping bagian dari proses bertingkat dan berlanjut serta merupakan pelaksanaan program kerja tahunan, latihan ini juga diproyeksikan untuk kemampuan kesatuan sehingga untuk melaksanakan tuntutan tugas utamanya dalam mengatasi suatu permasalahan seperti terjadinya bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan yang mungkin terjadi di wilayah kabupaten Kendal.

 

Berorientasi pada OMSP (Operasi Militer Selain Perang) bentuk operasi yang diberikan adalah operasi penanggulangan bencana, Selain meningkatkan profesionalitas juga terkandung maksud peduli aparat yang sewaktu-waktu memberikan kontribusi secara maksimal kepada masyarakat sekitarnya khususnya dalam rangka penanganan bencana alam.

 

Danrem menekankan hendaknya Jajaran TNI mampu berdampingan dengan instansi terkait yang ada disekitar kita, apalagi dalam penanganan bencana. Meski di daerah sudah ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), namun penanganan bencana juga merupakan salah satu tugas TNI sesuai Undang-Undang (UU) oleh karena itu kehadiran Satuan Komando Kewilyahan (Satkowil) baik diminta ataupun tidak, harus berperan didalamnya, tegasnya.

 

Upacara pembukaan Latihan Posko ditandai dengan penyematan pita dan pemasangan tanda penyelenggara dan pelaku oleh Danrem 073/Makutarama. (Penrem073/Makutarama)







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :