Ringankan Beban Warga Kurang Mampu Koramil Demak Buat Jamban Sehat
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 138 kali

DEMAK - Dalam ikut serta untuk mewujudkan lingkungan hunian yang sehat, Mabes TNI AD mencanangkan kegiatan yang diberi nama ‘Gerakan Sejuta Jamban. Gerakan ini diberikan secara gratis untuk masyarakat prasejahtera (belum mampu) yang tersebar di seluruh Indonesia, dan salah satunya di Natuna yang merupakan pulau terdepan NKRI.

 

Program ini diberikan kepada warga masyarakat yang belum memiliki jamban, yang sekaligus menjadi sasaran masyarakat yang dipandang perlu mendapat bantuan.

 

Danramil 01/Demak Kodim 0716/Demak, Kapten Kav Karmadi kepada Penerangan Kodim usai meyerahkan bantuan mengatakan kehadiran mereka merupakan wujud peduli  rakyat Demak, dekat dengan rakyat, bahu membahu  gotong royong dan membangun jamban di Desa Mulyorejo dan Cabean.

 

Untuk pelaksanaan ini, pendataan dilaksanakan oleh Babinsa kelurahan setempat. Jadi program ini bagian dari upaya TNI untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

 

Dikatakannya, TNI secara proaktif membangun sinergitas dengan pemerintah untuk mewujudkan upaya tersebut, agar secara cepat masyarakat yang belum memiliki jamban segera dapat memiliki jamban yang memenuhi syarat kesehatan.

 

Alasan dipilihnya “Gerakan Sejuta Jamban” ini tiada lain disebabkan karena semua kegiatan diawali dari kesehatan. Tanpa masyarakat yang sehat, katanya, tidak mungkin dapat bekerja secara sungguh-sungguh dan optimal untuk membangun bangsa ini.

 

Pembuatan jamban ini dilaksanakan dengan cara gotong royong dengan melibatkan semua pihak, khususnya masyarakat setempat, tujuannya untuk membantu meringankan beban masyarakat. Dengan gerakan ini diharapkan pada saatnya tidak ada lagi masyarakat yang membuang hajat (BAB) sembarangan, karena dapat menimbulkan berbagai penyakit. (Pendim 0716/Demak) (Penrem073/Makutarama)







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :