Prajurit TNI wajib menunjukkan sikap Netral dalam pilkada
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 193 kali

Salatiga(09/03)– Netralitas TNI dalam pemilihan kepala daerah kembali menjadi perhatian, Khususnya Pilkada serentak 2020, seluruh Prajurit TNI yang bertugas di daerah untuk selalu menjaga Netralitas dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

Danrem 073/Makutarama yang diwakili Kasrem Letkol Inf Arry Sundoro, S. Sos dalam sambutanya mengatakan, Sesuai UU RI NO 34 Tahun 2004 tentang TNI, ditegaskan bahwa Tentara Profesional yaitu Tentara yang terlatih, terdidik, dilengkapi secara baik, tidak berpolitik praktis, tidak berbisnis, dan dijamin kesejahteraannya, serta mengikuti kebijakan politik Negara yang menganut prinsip Demokrasi dan ketentuan hukum Nasional.

Salah satu aspek penting dalam menjamin komitmen TNI yang tidak berpolitik praktis ialah sikap Netralitas, yaitu sikap yang lebih mengedepankan kepentingan bangsa dan Negara yang lebih luas dibanding dengan sikap mendukung pada suatu kepentingan kelompok atau golongan tertentu dalam Pemilu.

Dihadapkan dengan akan tergelarnya kegiatan Pilkada Serentak 2020 di sebagian wilayah jajaran Korem 073/Makutarama yang meliputi Kabupaten Semarang, Rembang, Blora, Kendal, Demak dan Kabupaten Grobogan, maka saya mengingatkan kembali arti pentingnya sikap Netralitas TNI bagi profesionalisme prajurit dan soliditas satuan, maka dalam pelaksanaan Pilkada mendatang  setiap prajurit TNI wajib menunjukkan sikap yang tidak memihak dengan tidak memberikan dukungan salah satu kontestan peserta Pilkada tersebut sehingga konsisten Netralitas TNI dapat tetap terjaga.

Implementasi pelaksanaan Netralitas TNI dalam Pemilu nanti sesuai dengan tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri senantiasa berpedoman komitmen Netral sehingga tercipta pemahaman masyarakat tentang Netralitas TNI dan kebebasan masyarakat dalam memberikan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada Serentak Jawa Tengah 2020 yang LUBER (Langsung, Umum, Bebas, dan Rahasia ) serta Jurdil ( Jujur dan Adil ).

Hadir dalam kegiatan ini Kasrem 073/Makutarama, para Kasi/Pasirem Korem 073/Makutarama, para Dan/Kasatdisjan dan seluruh prajurit, PNS Korem 073/Makutarama Serta Purnawirawan (Penrem 073/Mkt)







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :