Kasdam IV/Diponegoro, Pembersihan Danau Rawa Pening Dibutuhkan Peran Bersama
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 60 kali

Kab.Semarang Rawa Pening merupakan Danau yang terletak dikawasan Kabupaten Semarang Jawa Tengah, menempati empat Kecamatan yakni Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru. Serta Berada di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran. Rabu(29/07/2020)

Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono yang didampingi Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Ari Yulianto S.I.P., mendatangi Rawa Pening yang berada dijembatan biru, Ngasinan, Bawen Kebupaten Semarang Jawa Tengah, dalam rangka rencana pembersihan enceng gondok yang telah menutupi Danau.

Kasdam menjelaskan, Pembersihan Danau Rawa Pening dibutuhkan peran kita bersama, termasuk masyarakat. Dengan terpeliharanya keberadaan Danau Rawa Pening, tentunya dapat menjaga kelangsungan Danau, sehingga pengembangan dan pendayagunaan sumber daya air dapat dilaksanakan secara lebih maksimal.”tegas Kasdam.

Upaya ini diharapkan dapat mengurangi dan membersihkan tumbuhan eceng gondok sesuai target yang diinginkan sampai kondisi Rawa Pening nantinya akan bersih dan memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi sektor pertanian, perikanan, pariwisata, serta dampak positif lainnya, seperti ketersediaan air demi kelangsungan hidup orang banyak.

"Setelah dibersihkan dari eceng gondok, diharapkan pemerintah daerah bisa mengembangkan Rawa Pening menjadi obyek wisata dengan membangun infrastruktur pendukung."kata Kasdam.

Menurutnya, manfaat dari dibersihkannya enceng gondok di Rawa Pening ini terhadap lingkungan sangat memberikan efek positif. Terlebih, Rawa Pening menjadi salah satu dari 11 danau di Indonesia yang menjadi prioritas untuk diselamatkan di indonesia.

Hadir dalam peninjaun tersebut Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi  Prasetijono, Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Ari Yulianto S.I.P., Aster Kasdam IV/Diponegoro Kolonel Inf Suhartono, Waaslog  Letkol Inf Fajar, Wakazidam Letkol Czi Priyo Sambodo, Dandim 0714/Salatiga Letkol Inf Prayoga Erawan, Danyon Zipur 4/Tanpa Kawandia Mayor Czi Noris agus Rinanto, Danramil 13/Bawen Kapten Arh Utomo, Bapak Heru dan tim BBWS dari Kemen PUPR sebagai pimpinan pembersihan Danau Rawa Pening.(Penrem073/Makutarama)







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :