Sambut Hari Juang Kartika TNI AD TA. 2021, Prajurit Korem 073/MKT Laksanakan Ziarah ke Makam Pahlawa
Diposting oleh : Admin Korem073, - Dibaca: 218 kali

Salatiga-Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI AD Tahun 2021, prajurit Korem 073/Makutarama melaksanakan ziarah ke makam pahlawan Dharma kota Salatiga, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian yang dilaksanakan oleh Korem untuk diperingati setiap tanggal 15 Desember. Selasa (14/12/2021).

Diawali dengan upacara penghormatan yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 073/Makutarama Kolonel Arm Putranto Gatot Sri Handoyo S.Sos., M.M., dalam hal ini di wakili oleh Kasiter Letkol Inf Drs. Arif Isnawan, dilanjutkan peletakkan karangan bunga di tugu makam Pahlawan, doa bersama, kemudian melakukan tabur bunga yang dilakukan secara simbolis dan diikuti oleh peserta ziarah.

Kegiatan ziarah ini memiliki tujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus memberikan penghormatan yang layak untuk para pahlawan yang telah mendahului kita.

Disela kegiatannya tabur bunga Letkol Inf Drs. Arif Isnawan menyampaikan, kita generasi penerus wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat sebagai pendorong pengabdian kita dalam menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks dan dinamis.

Bagi TNI AD, Hari Juang Kartika merupakan peringatan mengenang pertempuran Ambarawa yang puncaknya terjadi pada 15 Desember 1945. Pertempuran Ambarawa berlangsung dari tanggal 12 sampai 15 Desember 1945 yang dipimpin Panglima Besar Jenderal Soedirman dan berhasil meraih kemenangan gemilang dengan memukul mundur sekutu dari Ambarawa. Sebagai bukti sejarah di lokasi pertempuran kemudian dibangun sebuah monumen bernama Monumen Palagan Ambarawa.

“Peristiwa yang kemudian dikenal sebagai Palagan Ambarawa itu telah membawa dampak politik secara internasional dan menjadi momentum penting untuk menunjukkan eksistensi TNI AD sebagai penjaga tegak kokohnya NKRI”,ujar Kasiter.

Hadir pada upacara ziarah makam tersebut, para Kasi, Pasi Korem 073/Makutarama, Dansatdisjan, Kodim 0714/Salatiga, Yon Zipur 4/TK, Kavaleri 2/TC, PNS, serta Persit Kartika Chandra Kirana Koorcabrem 073/Makutarama.(Penrem073/Makutarama).







0 Komentar :


Masukkan 6 kode di atas :











       






Flag Counter